Sabtu, 21 September 2013

Membangkitkan Semangat Pemuda Dengan Sholawat, oleh: Poejangga_Blegedes


Pemuda merupakan agen of change suatu bangsa. Hakikatnya, perubahan ini didasarkan pada kebangkitan akan perubahan untuk kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara agar lebih baik. Kebangkitan pemuda diharapkan menjadi pemersatu bangsa untuk melanjutkan cita-cita luhur para pejuang pendahulu. Kebangkitan pemuda ini tercerminkan pada perbaikan dan kemajuan akhlak dengan meneladani sosok Beliau Kanjeng Nabi Muhamammad SAW.
Aspek kehidupan tidak lepas dari peran serta pemuda. Sholawat dapat dijadikan tradisi bagi pemuda sehingga akan terwarnai kebiasaan-kebiasaan dan cara berpikir yang dapat membangkitkan semangat dalam menjalankan berbagai aspek kehidupan. Tidak hanya perbaikan pola berpikir yang harus ditanamkan, tetapi juga perbaikan cara berinteraksi dan bertingkah laku. Kecenderungan saat ini, adanya ketimpangan dalam perbaikan karakter yang cenderung lebih mengesampingkan perbaikan karakter.
Kecintaan pada suatu hal menjadikan seseorang untuk banyak memuji, meniru dan meneladani segala yang berhubungan dengan yang dicintainya. Bersholawat merupakan jalan untuk mendapatkan rahmat Allah SWT serta obat kerinduaan terhadap Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Tentunya, Rosulullah SAW merupakan teladan terbaik yang patut dicontoh oleh kaum muda. Dari Abdullah bin Amr bin Ash ra. bahwasanya  ia mendengar Rosulullah SAW bersabda: “Barangsiapa bersholawat kepadaku sekali, maka Allah Memberikan rahmat kepadanya sepuluh kali”(HR. Muslim).
Para ulama Salafunassholeh banyak menciptakan syair-syair indah memuji dan menggambarkan kesempurnaan akhlak Beliau. Al Habib Al ‘Alamah Ali bin Muhammad bin Husain Al Habsyi contohnya dalam kitab Maulid Simtudduuror (Habsy) bersyair “Beliau adalah pusat perpaduan bagi segala tiada banding dalam fisik dan perilakunya karena mendapat kekhususan termulia”. Patutlah bagi pemuda untuk menjadikan sholawat sebagai tradisi sebagai rasa cinta untuk mengenal sosok Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Hal ini dapat dijadikan landasan bagi pemuda untuk bisa mengenal dan mencotoh kepribadian Rosulullah SAW, sehingga menumbuhkan semangat pemuda untuk siap mengemban amanah memimpin bangsa kedepannya.


By: NAW



Tidak ada komentar:

Posting Komentar